Download aplikasi launcher untuk

Berita Kota Online

Jl. Urip Sumohardjo No 20 Makassar (Gedung Graha Pena Makassar, Lantai 3) Telp. (0411) 451313, Fax. (0411) 452280

BSN: SuKa-Adil ke Putaran Kedua
di Update oleh ronalyw  
Kamis, 11 Juli 2013 06:00
Indeks Artikel
BSN: SuKa-Adil ke Putaran Kedua
Ini Reaksi Danny Pomanto
Seluruh halaman


MAKASSAR, BKM -- Pasangan Supomo Guntur-Kadir Halid (SuKa) yang diusung Partai Golkar-PDI Perjuangan, masih di tempat teratas hasil survei elektabilitas yang dilakukan Biro Survei Nusantara (BSN).
SuKa unggul tipis dari rival terberatnya, pasangan Adil Patu-Isradi Zainal, dengan raihan 16,2 persen, atau selisih 1 persen dengan Adil yang meraih 15,4 persen.
Kedua pasangan berpeluang ke putaran kedua.
Survei diadakan tanggal 1 hingga 5 Juli 2013. Setelah SuKa dan Adil, di posisi ketiga ditempati pasangan Rusdin-Idris sebanyak 9,6 persen, kemudian disusul Tamsil-Das'ad 8,8 persen, NOAH  8,2 persen, DIA 7,4 persen, Muhyina-Syaiful 6,6 persen, Apiaty-Zugito 3,8 persen, Erwin-Hasbi 1,2 persen dan Herman-Latif 0,6 persen.
Sedangkan massa mengambang atau swing votter masih sekitar  22,2 persen.
Direktur Eksekutif BSN Haris Baginda mengatakan, SuKa diuntungkn oleh Partai Golkar yang dipimpin Gubernur dan Wakil Walikota Makassar. Sementara Adil Patu diuntungkan oleh program listrik gratis.
"Tapi semua pasangan kandidat masih punya peluang menang karena swing votter masih cukup tinggi," ujar Haris, Rabu (10/7).
Menurut Haris, survei BSN menggunakan responden sebanyak 500 orang, survei yang dilakukan menggunakan metodologi multistage random sampling dengan  margin of error 4 persen, dan tingkat kepercayaan 96 persen.
"Kami menggunakan teknik wawancara dengan kontrol spot chek. Jika Pilwali  Makassar dilakukan 10 Juli 2013, maka pilwali dipastikan dua putaran," ujar Haris.
Menanggapi hasil survei, kandidat Wakil Walikota Makassat Kadir Halid mengapresiasi survei yang masih menempatkan SuKa di posisi teratas.
"Ini karena kami di Golkar dan PDIP solid untuk memenangkan pilwali," ujar Kadir di ruang Komisi B DPRD Sulsel, kemarin.
Menurutnya, SuKa menargetkan menang satu putaran, jadi kalau ada yang bilang dua putaran itu hak mereka.
"Yang jelas Kami di Golkar target satu putaran," ujar Wakil Ketua Komisi B DPRD Sulsel ini.
Kandidat Walikota Makassar HM Adil Patu, turut mengapresiasi hasil survei BSN yang menempatkannya di urutan kedua di bawah pasangan SuKa.
"Kita apresiasi hasil survei tersebut bahwa kita akan maju ke putaran kedua,  meskipun berdasarkan survei internal tim kita unggul dari seluruh kandidat," ujar Adil.
Menurutnya, tim Adil-Isradi berkeyakinan bahwa Pilwali Makssar akan berlangsung satu putaran. Apalagi selama ini ia mengaku terus menggalang dukungan kemasyarakat.
"Belum lagi ditopang program listrik gratis. Sejak program ini diluncurkan puluhan ribu masyarakat sudah mendaftarkan diri," jelas Adil.

Ramadhan Menentukan Pergerakan Suara

Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir, menilai ketatnya pilwali memang memicu labilnya hasil survei.
Menurutnya, perubahan hasil survei dipicu oleh pergerakan masing-masing calon walikota dan wakil walikota Makassar yang sangat kencang dan terstruktur hingga ke akar rumput, baik secara terbuka maupun tersembunyi.
Ditambah kata dia, masih tingginya suara yang mengambang yang masih melihat figur, program, dan visi-misi kandidat.
"Pilwali Makassar baru betul-betul bisa diprediksi siapa yang bisa menang satu putaran atau lolos di dua besar dan dua putaran nanti setelah bulan suci Ramadhan atau awal bulan Agustus ini," katanya. Suwadi mengatakan, di bulan Juli ini diprediksi semua paket calon akan jor-joran karena dalam kegiatan Ramadhan.
"Kegiatan sosial dan relegius sangat efektif memengaruhi dukungan publik ke para calon," katanya.
Sementara itu pengamat politik UIN Alauddin Dr Firdaus Muhammad menilai, survei itu memilih data, namun sifatnya temporal dan bisa berubah sesuai progres masing-masing kandidat.
"Tampaknya pasangan SuKa dan Adil masih bersaing ketat menyusul kandidat lainnya dan soal dua putaran tergantung kemampuan masing-masing menaikkan elektabilitasnya," jelas Firdaus. (rif-ril/sya/B)



 

Comments are now closed for this entry

Banner