Download aplikasi launcher untuk

Berita Kota Online

Jl. Urip Sumohardjo No 20 Makassar (Gedung Graha Pena Makassar, Lantai 3) Telp. (0411) 451313, Fax. (0411) 452280

Warga Bermobil Dapat Kartu BLSM
di Update oleh ronalyw  
Rabu, 10 Juli 2013 06:00

GOWA, BKM--Sejumlah warga kategori kurang mampu di Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Gowa melayangkan protes karena tidak masuk daftar warga miskin yang menerima dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). Sebelumnya nama mereka juga dikeluarkan dari daftar penerima raskin, padahal kehidupan mereka masih sangat dikategori kurang mampu.
Protes yang diajukan ke salah satu koran harian ini mempersoalkan jika warga yang masuk dalam daftar penerima dana BLSM ternyata sangat mampu. Bahkan diantara warga penerima di kelurahan tersebut, ada yang memiliki dua mobil, memiliki banyak lahan sawah bahkan seorang pedagang beras.
''Ini sangat tidak adil. Kenapa orang-orang seperti itu yang masuk daftar penerima sementara kami tidak,'' ucap Dg Bollo (70), salah seorang janda tua yang kesehariannya hanya menjadi tukang cuci di salah satu tetangganya ini.
Menurut Dg Bollo, dirinya bersama seorang janda tua lainnya bernama Dg Ngintang (65)  sudah empat tahun berjalan tidak menerima lagi beras miskin (raskin). Namanya, aku ibu dari tiga anak ini, telah dikeluarkan oleh Lurah Bontomanai, AH gara-gara Pemilu. ''Sekarang saya tidak lagi dapat BLSM, malah yang dapat orang yang kurang pantas,'' kilahnya.
Kadis Sosnakertrans Gowa, H Syamsuddin B selaku penanggungjawab penyaluran dana BLSM Gowa saat dikonfirmasi BKM, Selasa (9/7) siang mengatakan, saat ini jadwal pembayaran untuk wilayah Kecamatan Bontomarannu belum meski kartunya sudah ada.
''Saya sementara mengontrol penyaluran BLSM di Pallangga dan Biringbulu yang dibayarkan hari ini (Selasa, red). Kalau Bontomarannu jadwalnya nanti 19 Juli. Namun saya sudah koordinasi dengan pemerintah kecamatan agar persoalan ini diperhatikan. Termasuk jika ada temuan salah sasaran maka saran kami di kabupaten agar pemerintah kecamatan melakukan verifikasi langsung dengan mengambil gambar rumah warga bersangkutan (yang tidak layak menerima tapi masuk daftar penerima) serta mengambil gambar kendaraan yang dimilikinya kemudian harus dibuatkan berita acara laporan tidak layak menerima sehingga verifikasi ini resmi,'' jelas H Syamsuddin B seraya menyampaikan terima kasih atas adanya protes warga miskin.
Sementara itu, Camat Bontomarannu, H Abd Rahman Mapparessa yang dikonfirmasi kemarin mengatakan pihaknya akan melakukan verifikasi kembali. ''Kami akan tarik kartunya dan segera mencari pengganti penerima. Untuk Bontomarannu warga yang masuk daftar penerima sebanyak 1.434 orang dengan jadwal pembayaran tanggal 19-20. Yang jelas kami tegaskan harus tepat sasaran,'' kata camat.



-BLSM Dikeluarkan Pemerintah Bukan Caleg

Sebelumnya, di sela apel pagi di halaman kantor Pemkab, Bupati Gowa, H Ichsan YL menegaskan agar penyaluran dana BLSM tepat  sasarana. Bahkan bupati mewanti-wanti agar pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa mengontrol pelaksanaan pembayaran BLSM dengan baik agar selain tepat  sasaran juga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu seperti caleg.
''Jika ada caleg yang mengatasnamakan dirinya  yang mengurus BLSM ini hingga dibayarkan ke masyarakat, maka itu adalah caleg penipu. Apalagi jika caleg tersebut sampai memberikan pilihan bahwa jika dapat BLSM harus pilih dia, maka saya tegaskan silakan warga ambil BLSMnya namun jangan pilih caleg itu. Perlu diketahui tidak ada urusan caleg dengan BLSM. BLSM dikeluarkan oleh pemerintah jadi jangan coba-coba lakukan ini di Gowa,'' tegas bupati. 
Data dari Dinas Sosnakertrans Gowa menyebutkan jadwal pembayaran BLSM melalui Kantor Pos Sungguminasa yakni 5-6 Juli Kecamatan Somba Opu, 7-8-9 Juli untuk Kecamatan Pallangga, 10-11 Juli Barombong. Selanjutnya yang dibayarkan melalui kantor camat/kelurahan/desa yakni 5 Juli Kecamatan Parangloe, 6-7 Juli Kecamatan Tombolopao,  8 Juli Tinggimoncong dan Parigi. 9-10 Juli Kecamatan Biringbulu, 11-12 Juli Tompobulu, 13 Juli Kecamatan Bungaya.
Selanjutnya pada 17 Juli Kecamatan Pattallassang, 18 Juli Bajeng Barat (dua tempat), 19 Juli Bontomarannu dan Manuju. Sedang 20 Juli pembayaran untuk sisa Kecamatan Bontomarannu dan Manuju, 21-22 untuk Bontonompo dan 23 Juli untuk Bontonompo Selatan.  (sar/cha/B)

Warga Bermobil Dapat Kartu BLSM
Terkait :

Inter Selangkah Lagi Dapatkan Gelandang Chili

MILAN - Keinginan Inter Milan mendapatkan tanda tangan gelandang timnas Chili, Gary Medel bakal menjadi kenyataan. Pasalnya, Inter dikabarkan hampir mencapai kesepakatan dengan Cardiff City selaku pemilik Medel.Laman Sky Italia, Rabu (23/7) menulis

Read more

Al Babak Belur untuk Dapatkan Pujaan Hati

ANAK musisi Ahmad Dhani-Maia Estianty, Ahmad Al Ghazali harus rela babak belur di film perdananya, Runaway. Kalau di kehidupan nyata Al bisa dengan mudah mendapatkan tambatan hati, beda halnya dalam peran produksi Maxima Picture.Di film yang syutin

Read more

2.000 Guru Mengaji dan Pemandi Jenazah Dapat Tunjangan

MAKASSAR, BKM -- Pemerintah Kota Makassar kembali mencairkan dana lebih dari Rp 2,4 miliar untuk bantuan peningkatan kesejahteraan bagi pengabdi dalam bidang keagamaan se Kota Makassar.Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris

Read more

Warga Nikmati Hasil PNPM

SIDRAP, BKM -- Pembangunan yang dirintis melalui Program Nasional Pemberdayaaan Masyarakat (PNPM) Mandiri kini sudah menuai hasil maksimal. Masyarakat di Kabupaten Sidrap sudah merasakan hasil dari kerja program yang diluncurkan tahun ini.Seperti

Read more
 

Comments are now closed for this entry

hub 081241000553 untuk pemasangan banner