Download aplikasi launcher untuk

Berita Kota Online

Jl. Urip Sumohardjo No 20 Makassar (Gedung Graha Pena Makassar, Lantai 3) Telp. (0411) 451313, Fax. (0411) 452280

1.020 Caleg Berebut Kursi DPRD Sulsel
di Update oleh ronalyw  
Rabu, 27 Maret 2013 06:00

MAKASSAR, BKM -- Dipastikan sebanyak 1.020 calon anggota legislatif (caleg) akan memperebutkan 85 kursi di DPRD Sulsel untuk periode 2014-2019.
Ke-1.020 caleg ini berasal dari 12 partai politik. Sebelumnya, KPU hanya menetapkan 10 partai yang boleh mengikuti Pemilu. Namun, belakangan dua partai juga dipastikan ikut setelah melayangkan gugatan dan memenangkannya. Dua partai itu adalah PBB dan PKPI.
Pada Pemilu 2014, jumlah kursi yang diperebutkan bertambah 10 kursi. Begitupun dengan daerah pemilihan yang bertambah menjadi 11 daerah pemilihan.
Pada Pemilu 2009 lalu, jumlah kursi yang diperebutkan hanya 75 kursi dari 8 daerah pemilihan di Sulsel.
"Kalau 12 parpol masing masing mengajukan 85 calegnya, maka yang akan bertarung di Pemilu legislatif mendatang sebanyak 1.020 orang" ujar anggota KPU Sulsel Lomba Sultan, Selasa (26/3).
Lomba menguraikan, di daerah pemilihan (dapil) I kursi yang diperebutkan 9, sementara dapil II 6 kursi dan beberapa dapil lainnya. (baca tabel).
Melihat ketatnya persaingan, beberapa partai tak ingin sembarang memasukkan kader dalam daftar caleg. Partai Golkar dan Demokrat malah melakukan seleksi ketat untuk para calegnya.
"Golkar akan menentukan calegnya berdasarkan survei dan kompetensi. Kami tidak ingin sembarang mengusulkan caleg," " ujar Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel HA Kadir Halid, kemarin.
Hal yang sama dikemukakan Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel Ni'matullah. Ia menegaskan, partainya akan melihat kompetensi setiap kader untuk menjadi caleg. (rif/b)

Jumlah Kursi per Dapil

1. Dapil I (Makassar) : 9 kursi
2. Dapil II (Makassar) : 6 kursi
3. Dapil III (Gowa, Takalar) : 9 kursi
4. Dapil IV (Jeneponto, Bantaeng, Selayar) : 6 kursi
5. Dapil V (Bulukumba, Sinjai) : 6 kursi
6. Dapil VI (Maros, Pangkep, Barru, Parepare) : 10 kursi
7. Dapil VII (Bone) : 7 kursi
8. Dapil VIII (Soppeng, Wajo) : 7 kursi
9. Dapil IX (Sidrap, Enrekang, Pinrang) : 9 kursi
10. Dapil X (Toraja dan Toraja Utara) : 5 kursi
11. Dapil XI (Luwu, Lutra, Lutim dan Palopo) : 10 kursi

 1.020 Caleg Berebut Kursi DPRD Sulsel
Terkait :

Khawatir Pencalegan Mental, Kader Golkar Takut Kritisi Ical

JAKARTA - Politisi senior Partai Golkar, Zainal Bintang menilai selama ini kader partainya tidak berani bersikap kritis terhadap keputusan partai berlambang pohon beringin itu mengusung Aburizal Bakrie alias Ical sebagai calon presiden (capres). Menu

Read more

Demokrat dan PAN Berebut Kursi Ketua DPRD

Mereka Berpeluang Lolos:Partai Demokrat:-Ikram Ishaq kr Nyau (incumbent)-Nawawi Bantang-Kasmin Makkamula-Kaharuddin Mustamu Karaeng Muang DPC P Gerindra:-Hj Salmawati-Andi Baso Sugiarto kr Tompo-Sudirman Sijaya-H Paris 5.326 Suara PAN :-H Asrul-Lahmu

Read more

SDA Copot Romahurmuziy dari Kursi Sekjen PPP

JAKARTA - Konflik di internal DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memakan korban lagi.Ketua Umum PPP Suryadharma Ali mencopot Romahurmuziy dari jabatannya sebagai sekretaris jenderal (sekjen) partai berlambang Kabah itu.  Sebagai pengganti

Read more

BLOKIR JALAN-Masa caleg Partai Demokrat Munsir Umar

PALOPO,  BKM -- Ratusan massa pendukung Munsir Umar, calon anggota legislatif dari Partai Demokrat Kota Palopo  kembali melakukan aksi unjuk rasa, Rabu (16/4). Mereka memblokir jalan dan membakar ban. Massa mendesak kepada penyelenggara pemilu agar

Read more
 

Comments are now closed for this entry

hub 081241000553 untuk pemasangan banner