Download aplikasi launcher untuk

Berita Kota Online

Jl. Urip Sumohardjo No 20 Makassar (Gedung Graha Pena Makassar, Lantai 3) Telp. (0411) 451313, Fax. (0411) 452280

Ina Kartika Berebut Suara Putra Bupati Barru di Dapil VI
di Update oleh ronalyw  
Sabtu, 02 November 2013 05:28

BARRU, BKM -- Dua caleg Partai Golkar untuk DPRD Sulsel bakal bersaing ketat merebut suara di Kabupaten Barru sebagai salah satu wilayah dapil VI (Maros, Pangkep, Barru dan Parepare).

Keduanya adalah incumbent anggota DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika dengan Andi Mirsa Riogi, putra Bupati Barru, Andi Idris Syukur.
Pertarungan keduanya merupakan pertarungan antara senior dan junior. Andi Ina lebih senior di Golkar. Pada Pemilu Legislatif 2004, ia meraih suara signifikan di wilayah Barru.
Barru merupakan kampung halaman ibu kandung Ina Kartika, Hj Andi Tja Tajmbolang. Andi Tja sendiri pernah cukup lama membangun Partai Golkar di Sulsel, sekaligus menjadi anggota DPRD Sulsel beberapa periode.
Sementara Andi Mirza Riogi, putra Bupati Barru, Andi Idris Syukur, meski terbilang junior di Partai Golkar Sulsel, tapi banyak pihak memprediksi akan menggerogoti lumbung suara Ina Kartika.
Selain faktor ayahnya sebagai Bupati Barru, Bau Ogi, sapaan Mirza Riogi, juga memiliki modal politik lain. Saat ini, Ogi memimpin Karang Taruna Kabupaten Barru yang nota bene memiliki jaringan kuat di jalur organisasi kepemudaan.
Mirza Riogi yang sebentar lagi akan mempersunting putri Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang ini, juga dikenal memiliki basis keluarga cukup luas dan mengakar di wilayah Tanete Rilau dan sekitarnya.
Meski begitu, jaringan konstituen Andi Ina Kartika yang berada di nomor urut 2 untuk caleg Partai Golkar DPRD Sulsel di dapil Maros, Pangkep, Barru dan Parepare dan terkenal dengan Ina Community-nya, disebut-sebut masih terjalin baik ke beberapa wilayah Kabupaten Barru, khususnya di kampung halamannya di Kecamatan Mallusetasi.
Di Kecamatan itu, ibu kandung Andi Ina cukup mengakar. Begitu pula dengan sejumlah hubungan kekerabatannya dengan keluarga besarnya di Kecamatan Soppeng Riaja dan Balusu. Pokoknya, Andi Ina Kartika masih dipandang punya kans besar untuk kembali menghimpun suara dari konstituen lamanya.
Andi Ina Kartika dan Andi Mirsa Riogi, diakui salah seorang pengurus DPD II Partai Golkar Barru, memiliki kans yang sama dalam meraup suara pemilih di wilayah Barru.
Keduanya mempunyai mesin politik yang sama, namun berbeda kekuatan. Sebab, secara pribadi Andi Ina unggul dari dari segi popularitas sejak pileg sebelumnya. Tetapi Andi Mirza Riogi diperhitungkan dengan latar belakang nama besar Andi Idris Syukur sebagai Bupati Barru saat ini.
"Tentu secara struktural pemerintahan bisa memainkan peran tersendiri yang tidak ada pada modal politik Ina Kartika. Lumbung mereka berdua memang ada di Barru. Tapi perlu dicatat bahwa di dapil VI ini ada 9 caleg yang diusung Partai Golkar yang meliputi daerah Maros, Pangkep, Barru dan Parepare," aku pengurus DPD II Partai Golkar Barru yang minta tidak ditulis namanya. (udi/ams/b)

Ina Kartika Berebut Suara Putra Bupati Barru di Dapil VI
Terkait :

Mudik Alur Laut Paling Diminati

MAKASSAR, BKM -- Mendekati puncak arus mudik di H-3, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Sulsel, Masykur A Sulthan, memperkirakan jalur arus mudik menggunakan laut akan menjadi minat terbanyak masyarakat.Dikatakan Masykur, hingga s

Read more

Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG

MAKASSAR, BKM -- Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji empat hari jelang lebaran Idul Fitri mulai menunjukkan peningkatan. Lonjakan permintaan tertinggi diprediksikan pada H-2 atau dua hari jelang lebaran. Meski demikian, pasokan BBM dan n

Read more

Ismail Zainuddin Resmi Jabat Bupati Mateng

MAMUJU, BKM -- Ismail Zainuddin akhirnya resmi menjadi penjabat atau caretaker Bupati Mamuju Tengah (Mateng). Pelantikan dan pengambilan sumpah mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar ini dilakukan langsung Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, di

Read more

Mudzakkir:Suara Terbanyak Berpeluang

MAKASSAR, BKM-- Partai politik peraih suara terbanyak di pemilu legislatif (pileg) 2014 di Kota Makassar yakni Partai Golkar, Demokrat, PPP dan PKS akhirnya bisa bernafas lega. Hasil revisi Undang-undang (UU) Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR,

Read more
 

Comments are now closed for this entry

hub 081241000553 untuk pemasangan banner