Download aplikasi launcher untuk

Berita Kota Online

Jl. Urip Sumohardjo No 20 Makassar (Gedung Graha Pena Makassar, Lantai 3) Telp. (0411) 451313, Fax. (0411) 452280

Bisa Samai Perekonomian Makassar
di Update oleh ronalyw  
Rabu, 19 September 2012 17:25
Namun, daerah ini mampu menyandang predikat sebagai kota jasa dan niaga tersibuk di Sulawesi Selatan setelah Makassar. Parepare mampu membangkitkan sektor-sektor ekonomi mikro karena menjadikan perniagaan sebagai penyangga utama.

Tokoh masyarakat Parepare HM Zain Katoe, mengungkapkan, sebagai kota niaga dan jasa, Parepare berpotensi menjadi penyangga utama perekonomian di Sulsel. Untuk sampai pada tujuan ini, bukan saja sektor ekonomi yang harus bangkit, pendidikan dan kesehatan juga harus berjalan beriringan.
"Sumber daya alam Parepare luar biasa besarnya. Kota ini memiliki laut yang menjadi transit utama kedua di Sulsel setelah Makassar, yang disinggahi kapal-kapal swasta dalam dan luar negeri. Ini yang membuat roda perekonomi Parepare berputar sangat cepat," papar Zain.
Menurutnya, siapapun walikota nantinya, harus mampu mewujudkan visi dan misi daerah ini sebagai kota jasa, niaga dan pendidikan. Khusus untuk pendidikan kata Zain, Parepare berpotensi menyumbang sumber daya manusia besar untuk Sulsel.
Untuk sektor ini, ada banyak sisi yang bisa dikembangkan di Parepare. Pertama, daerah ini harus berani membuka perguruan-perguruan tinggi dengan prioritas mutu standar. Dengan kehadiran perguruan tinggi yang lebih kompetitif, Parepare akan menjadi kota tujuan pendidikan.
Sehingga Makassar bukan menjadi satu-satunya kota tujuan pendidikan di Sulsel. "Saya pikir Parepare berpeluang menyamai Makassar. Makassar ekonominya bisa tumbuh sehat tak lepas dari sektor pendidikan yang kian kompetiti," ujarnya.
Artinya, dengan banyak perguruan tinggi, akan banyak pula mahasiswa yang melanjutkan pendidikannya ke Parepare. Secara tidak langsung ini mendorong tumbuhnya pundi-pundi ekonomi baru.
"Rumah-rumah kos akan tumbuh. Orang juga akan semakin banyak membeli rumah di Parepare, bermigrasi ke daerah ini dan membuka peluang-peluang ekonomi yang potensial," papar Zain.
Parepare, kata Zain, merupakan simpul pendidikan setelah kota Makassar, dimana harus mengikat kerja sama dengan semua daerah tetangga guna mendorong percepatan pembangunan.
"Makassar berkembang karena pendidikannya, sehingga investasi orang-orang daerah untuk menyekolahkan anaknya di Makassar menjadi besar. Nah apa salahnya kota Parepare juga seperti itu, apalagi Parepare sudah ada perguruan tinggi," jelasnya.
Pelaung ini akan semakin nyata karena didukung oleh pelabuhan yang sangat strategis. Strategisnya karena semua daerah secara geografis, lebih dekat jika ditempuh dengan perjalanan laut dari kota Parepare. Diantaranya menuju Kalimantan, Surabaya, Irian Jaya, Sulawesi Utara, Bali dan Jakarta serta Nunukan.
Bahkan, kapal-kapal pesiar luar negeri pun transit di kota ini sebelum melanjutkan perjalanannya menuju Kabupaten Tator.
Harapan Zain, potensi ini dikelola dengan melibatkan masyarakat, pemerintah, dan seluruh lini yang bisa memberikan sumbangsih materil serta pemikiran. Peran yang diutamakan adalah adanya Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (Kapet) yang selama ini mempromosikan potensi-potensi alam di kota ini dengan melibatkan daerah-daerah lainnya, seperti Sidrap, Barru, Pinrang, dan Enrekang atau istilahnya Ajatappareng.
"Tetapi untuk semua ini dibutuhkan pemimpin yang punya jiwa pembaruan yang kuat. Dapat kerja sama dengan semua pihak dan mengedepankan kepentingan pembangunan," ujar pria kelahiran 67 tahun silam itu. (samir)

Bisa Samai Perekonomian Makassar
Terkait :

Ronaldo Ingin Tetap Bermain Hingga Usia 36 Tahun

MADRID - Cristiano Ronaldo menyambut kompetisi musim 2014/2015 dengan konfidensi tinggi. Megabintang Real Madrid itu bertekad meneruskan kejayaan yang diraih sepanjang musim lalu.Ketika itu, Ronaldo membantu Madrid merengkuh gelar Copa del Rey dan

Read more

Inter Selangkah Lagi Dapatkan Gelandang Chili

MILAN - Keinginan Inter Milan mendapatkan tanda tangan gelandang timnas Chili, Gary Medel bakal menjadi kenyataan. Pasalnya, Inter dikabarkan hampir mencapai kesepakatan dengan Cardiff City selaku pemilik Medel.Laman Sky Italia, Rabu (23/7) menulis

Read more

Hayden Belum Tertarik Berlaga di Superbike

LONDON - Masa depan Nicky Hayden bersama Drive M7 Aspar terus menjadi teka-teki. Hayden dikabarkan bakal meninggalkan Aspar setelah gagal menunjukkan performa maksimal musim ini.Namun, Hayden akhirnya mengeluarkan bantahan atas semua rumor kepindah

Read more

PSG Ajukan Banding Hukuman UEFA

PARIS- Paris Saint Germain langsung mengajukan banding atas hukuman yang dijatuhkan UEFA selaku induk sepakbola Eropa. Bagi PSG, hukuman menutup dua sektor stadion Parc des Princes di Liga Champions musim mendatang adalah hal yang tak adil.PSG terk

Read more
 

Comments are now closed for this entry

hub 081241000553 untuk pemasangan banner